Jumat, 09 Maret 2018

guru

belakangan ini, cukup banyak berita tentang penganiyaan guru oleh siswanya sendiri. Bahkan ada yang sampai meninggal dunia. 
Baru-baru ini saja, di daerah saya, ada siswa madrasah yang memukul gurunya karena kesal ketika ditegur. Ya Allah, mau jadi apa kamu nak kalau gak mau dinasihatin??
Saya juga gak ngerti kenapa anak-anak sekarang ganasnya bukan main. Tidak lagi memiliki rasa hormat pada guru. Padahal, dari gurulah mereka dapat ilmu untuk masa depan nanti. 
Belum lagi si orang tua, ada beberapa waktu lalu, berita orang tua yang mukulin gurunya karena gak terima anaknya dinasihatin. Pak, Bu, kalau gak mau anaknya diajari, mbok ya jangan disekolahin. Sekolah itu tempatnya belajar, nasihat ada di mana-mana. ya kalau gak mau, sekolahin aja anaknya sendiri di rumah. Ajari sendiri, rasain deh tu gimana ngajarin anak tanpa bantuan orang lain.
Guru di sekolah, tugasnya bukan hanya mentransfer ilmu, lalu selesai dan pulang. Tapi lebih dari itu. Mereka punya amanah yang berat untuk membantu orang tua menjadikan anak-anak generasi penerus ini, punya kemampuan dan juga Akhlak yang baik. Kalau sekedar transfer ilmu sih, tinggal buat presentasi, bacakan di kelas, sudah. Bodo amatlah mau ada yang dengerin, mau ada yang berantem, mau ada yang nyemplung ke jurang. 
Tapi ya gak gitu. Seorang guru, bukan hanya sebagai fasilitator dalam mencari pengetahuan, tapi juga sebagai pembimbing. Makanya, di pelajaran PKN dulu, guru dikatakan sebagai pengganti orang tua di sekolah. Jadi, sudah selayaknya memberikan nasihat jika ada anak murid yang berlaku tidak sesuai aturan.
Masalahnya sekarang, siswa saja sudah susah diajak kerja sama, ditambah orang tua yang suka sok ikut campur. Beneran bikin gemess.
Saya guru juga, tapi gak ngajar di sekolah. Hanya di bimbel. Jadi, mungkin tugas kami tidaklah seberat tugas guru yang di sekolah. Tapi tetap saja, di sela-sela megajar, saya sesekali menyelipkan nasihat, karena, guru bembel sekalipun, tetaplah guru yang memiliki amanah untuk mencerdaskan generasi bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar